Kamis, 02 Juni 2011

NM#20: Trik 10 Menit


10 menit? Apa yang bisa dilakukan dalam 10 menit? Mana bisa beberes 10 menit? Bisaaaa... kalo flylady bilang 15 menit, Marcia GON bilang 10 menit. Ternyata banyak yang bisa dilakukan dalam 10 menit kok, dan buat anak-anak.. 10 menit itu udah lamaaaaa...

10 Menit Ambil-ambil
Biar gak pusing kalo beberes. Tentukan saja targetnya, pasang timer, bergeraklah terus.. ambil barang yg tidak seharusnya ada diruang itu masukkan dus, ambil sampah yg terlihat masukkan plastik. Timer berbunyi, berhentilah. Plastik sampah dan dus dikeluarkan dari ruangan. Belum selesai? tambah 10 menit kedua dengan pojok yang berbeda. begitu seterusnya. Yang paling penting konsisten.

10 Menit Tugas-tugas
Daripada menghabiskan waktu berjam-jam seharian untuk beberes, sendirian, aku ajak tuh anak-anak ikut beberes tapi 10 menit aja. Ada daftar  tugas yg harus diselesaikan yg dipecah-pecah menjadi tugas kecil-kecil yg bisa diselesaikan maksimal 10 menit.. Gak susah-susah, cuma ngelap meja kecil buat zaki, bersihin debu pake kemoceng buat zufar dan bersihin kaca buat zahrul. Semua dilakukan dilantai atas, pasang timer 10 menit, pasang musik di komputer, mulai deh.. walaupun pake haha hihi kebanyakan bercanda dan ngoceh.. semua bisa menyelesaikan tugasnya begitu timer berbunyi.. semua berhenti dan bertepuk tangan.. Walaupun zahrul mau tambah lagi.. tetep ummi bilang.. selesai. kita pindah tugas lain.

10 Menit Ingin-ingin
Aku punya banyak keinginan, yang 'akan dikerjakan jika ada waktu'. Padahal jika aku bener-benar ingin melakukannya, waktu bisa menyesuaikan dengan mudah. Aku merasa sudah waktunya menyisipkan waktu untuk melakukan hal-hal yang aku inginkan. Jadi aku mencoba menjadwalkan 10 menit setiap hari untuk menamatkan membaca buku, menghafal, atau ngobrol dengan masing-masing anak (one at a time), atau bersenang-senang dengan anak-anak. Jadi jika aku punya tujuan tapi kerap tertunda-tunda.. aku sisihkan waktu 10 menit untuk melakukannya.

10 Menit Sepi-sepi
Aku juga butuh menyepi, mengisi baterai kembali tanpa gangguan.. sekedar relaksasi 10 menit.. atau sholat dhuha pagi dan sholat di malam hari.. selesai 10 menit pertama, kurang.. tambah 10 menit kedua.

Hmm.. ternyata banyak yg bisa dilakukan ya? terserah sih mau pakai 15 menit atau 10 menit.. prinsipnya sama saja kok.. konsistensi.. itu yang penting.



0 comments:

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More