Senin, 06 Juni 2011

NM#21: Rutinitas Bersih-bersih

Masih soal beberes... (efek liburan jadinya ngomong soal beberes melulu), apapun pilihan kita dalam beberes, mau cepat, teratur, atau dalam waktu yg panjang, triknya hanya satu.. kita harus bisa mengontrol semuanya. Gak membiarkan tugas menumpuk (biasanya cucian dan setrikaan nih) yang akhirnya bikin males ngerjainnya karena rasanya gak selesai-selesai (hehe masih susah). Trus usahakan selalu mulai dari pekerjaan yang ringan dulu secara teratur hingga kita terbiasa untuk membangun rutinitas. Strategi ini, bikin kita punya waktu dan energi lebih banyak untuk mengerjakan tugas lainnya.

Hanya Masalah Waktu

  • Aku merasakan manfaat dari menentukan batas waktu untuk setiap aktifitas beberes daripada langsung menyelesaikannya sekaligus sehari penuh. Aku  pasang 5 menit untuk membersihkan dilanjutkan dengan 10 menit merapikan. Hihi kadang aku terkagum-kagum sendiri dengan hasilnya.. ternyata bisa ya?
  • Namanya perempuan itu multitasking.. kita bisa menggunakan waktu dengan efisien. Sementara menunggu telur rebus matang, kita bisa sambilan mencuci piring, mengelap meja, atau sekedar mengosongkan tempat sampah.
  • Nah, kalau kita lagi beberes besar..pastikan pekerjaan itu bisa selesai diwaktu yg sudah ditentukan. 
Buatlah daftar tugas yang bisa dikerjakan harian, mingguan dan bulanan. Jika yang harian sudah otomatis kita kerjakan setiap hari dan tidak butuh waktu lama untuk mengerjakannya, untuk yg mingguan misalnya mengganti seprai, membersihkan kamar mandi. Sedangkan yg bulanan seperti membersihkan kulkas, mencuci dan mengganti gorden,atau merapikan taman. Pilih saja apa yg mungkin dikerjakan, dan kerjakanlah. Jika tidak, jadwalkan lain waktu.



0 comments:

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More