Rabu, 25 Mei 2011

Resep Mocaf: Kue Lumpur Mocaf

Sudah satu minggu setiap pulang kerja Zahrul selalu menagih kue khamir. Berhubung tiap sore hujan deras dan tukang kuenya gak jualan, jadilah 2 hari terakhir dia ngambek.. terutama sama Bapak Alung yang antar jemput tiap hari. Tadi sore dalam perjalanan pulang bapak Alung cerita soal Zahrul yg pingin banget kue khamir.

Nah, habis maghrib aku suruh Zahrul cari resep kue khamir, ketemu, kami bahas dulu tuh komposisinya. Ternyata menggunakan tape singkong yg jelas tidak ada stok di kulkas. Pindah resep lain.. kue  pancong, kue rangi.. teteplah ada bahan yang tidak ada. Kondisi hujan lebat berangin tidak memungkinkan untuk keluar, bahkan untuk ke warung sekalipun.

Tampaknya Zahrul kecewa, sementara dia belajar, aku kepikiran bikin kue lumpur yang tidak pakai kentang tentunya (gak ada stok) dan tetap memanfaatkan tepung mocaf. Beginilah hasilnya:



Kue Lumpur Mocaf
ditulis oleh Wahidah

Bahan:
250 ml air
125 gr mentega/margarine
75 gr gula pasir
100 gr mocaf
25 gr terigu protein sedang
4 butir telur
250 ml susu cair
kismis secukupnya, atau ganti potongan keju jika suka

Cara membuat:
  1. didihkan air, masukkan mentega dan gula pasir, aduk rata
  2. masukkan tepung mocaf dan terigu yang telah diayak, aduk rata dan masak hingga kalis, angkat
  3. hilangkan uap panasnya, masukkan telur, aduk hingga kental
  4. tambahkan susu cair, aduk rata kembali
  5. siapkan cetakan kue lumpur, olesi margarin, tuang adonan hingga hampir penuh, beri satu kismis dan panggang hingga matang dengan api kecil. angkat.

Selamat mencoba.



2 comments:

Anonim mengatakan...

asalamualiakum
ibu saya pernah cba membuat lumpur dari mocaf.resepnya hampir sama dengan punya ibu tetapi saya menambahkan kentang pada adonan tetapi tekstur dari lumpur yang saya buat seperti kue rangin bukan seperti kue lumpur yang biasanya.



kalau boleh tahu yang ibu buat ini seperti apa tksturnya?


trimakasih.

nisa,jember

Wahidah mengatakan...

ini mirip seperti kue lumpur yg biasanya.. lembut. susu cair bisa diganti dengan santan jika ingin rasa yg lebih gurih. yg ini legit.. manis.

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More