Minggu, 03 April 2011

Sweet Potato Ice Cream aka Es Krim Ubi Merah dan Khasiatnya

Foto dari www.imarriedanutritionist.com
Sudah memakai kaca mata atau lensa kontak? Atau pandangan mulai kabur? Makan wortel dan strawberry teratur bisa membuat mata lebih sehat. Ada juga makanan lain yang sangat baik menjaga kesehatan dan keindahan mata Anda. Salah satunya adalah ubi merah.

Khasiat Ubi Merah

Kita mengenal ada beberapa jenis ubi jalar. Yang paling umum adalah ubi jalar putih. Selain itu ada juga yang ungu maupun merah. Sekalipun disebut ubi jalar merah, sebenarnya warna daging buahnya adalah tidak merah, tapi kekuningan hingga jingga alias orange. Mengapa pilih yang merah? Dibanding ubi jalar putih,tekstur ubi jalar merah memang lebih berair dan kurang masir (sandy), tapi lebih lembut. Rasanya tidak semanis yang putih padahal kadar gulanya tidak berbeda. Ubi jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram, ubi merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI) betakaroten, ubi merah yang berwarna jingga 9900 mkg (32967 SI). Makin pekat warna jingganya. makin tinggi kadar betakarotennya yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh.

Secangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50000 SI betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli, yang menggembirakan perebusan hanya merusak 10% kadar betakaroten, sedangkan penggorengan atau pemanggangan dalam oven hanya 20%. Namun penjemuran menghilangkan hampir separuh kandungan betakaroten, sekitar 40%. Menyantap seporsi ubi jalar merah kukus /rebus sudah memenuhi anjuran kecukupan vitamin A 2100 - 3600 mkg sehari.

Selain betakaroten, warna jingga pada ubi jalar juga memberi isyarat akan tingginya kandungan senyawa lutein dan zeaxantin, pasangan antioksidan karotenoid. Keduanya termasuk pigmen warna sejenis klorofil merupakan pembentuk vitamin A. Lutein dan zeaxantin merupakan senyawa aktif yang memiliki peran penting menghalangi proses perusakan sel. Ubi merah juga kaya vitamin E.

Dengan rajin makan ubi merah, ketajaman daya ingat dan kesegaran kulit serta organ tetap terjaga. Yang unik, kombinasi vitamin A (betakaroten) dan vitamin E dalam ubi merah bisa menghalau stroke dan serangan jantung. Betakarotennya mencegah stroke sementara vitamin E ubi merah mecegah terjadinya penyumbatan dalam saluran pembuluh darah, sehingga munculnya serangan jantung dapat dicegah. Manfaat tersebut didukung pula oleh kandungan serat dalam ubi merah.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk konsumsi ubi merah.. Apalagi jika dibuat es krim... slurp.. yummy.. Ini nih resepnya..

 
Es Krim Ubi Merah

 BAHAN:
400 g ubi merah, kukus, kupas (sekitar 3 buah yg sedang besarnya)
600 ml krim kental (kalo gak ada yg cair.. pake whipped cream bubuk yg dicampur air dingin dengan perbandingan sesuai kemasan)
4 kuning telur ayam
250 g gula palem
200 g gula pasir
1/2 sdt garam
500 ml susu cair Cimory Plain

CARA MEMBUAT:
  1. Haluskan ubi selagi panas, campur dengan krim, aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
  2. Kocok kuning telur sambil tim di atas api kecil. Tambahkan sedikit demi sedikit gula palem, gula pasir, dan garam sambil kocok terus hingga kental dan telur matang. Angkat. Tuangi susu, aduk hingga rata.
  3. Masukkan campuran telur dan susu ke dalam ubi halus sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk hingga tercampur rata. Tutup dengan plastik, simpan dalam freezer hingga membeku.
  4. Keluarkan dari freezer, diamkan sebentar di suhu ruang hingga agak cair. Kocok kembali dengan bantuan mixer hingga rata. Simpan lagi dalam freezer. Lakukan hal yang sama sebanyak 3 atau 4 kali hingga butiran es krim lembut. Sajikan es krim dalam cone, kalau ada. 
.... diolah dari berbagai sumber ....



    0 comments:

    Posting Komentar

    Share & Enjoy

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More