Sabtu, 02 April 2011

NM#15: Ini Soal Standar Kebersihan Rumah

 
Lagi mood nulis nih.. hehe.. kali ini soal bersih-bersih rumah. haduh.. makin kesini kok obrolannya makin serius ya? cuek aja deh ya.. kali aja berguna.

Soal kebersihan, setiap keluarga pasti punya standar tersendiri yang biasanya disesuaikan dengan komposisi keluarga, gaya dalam membersihkan dan pertimbangan pribadi. Beberapa hal yang bisa dilakukan menurut aku nih:
  1. Tentukan standar kebersihan untuk tiap ruang. Kalau perlu tuangkan dalam perjanjian keluarga.. hitam diatas putih dan tempel di pusat aktifitas keluarga.
  2. Bersihkan dengan 'smart', pakai skedul untuk bersih-bersih besar, sedang untuk harian.. utamakan ruangan yang sering digunakan.Trusss.. tentukan ruangnya dan tentukan pula petugasnya... singkat kata.. libatkan seluruh keluarga deh. Yang tidak boleh dilupa.. siapkan alat kebersihannya di satu tempat.
  3. Realistis dengan level standar kebersihan, misalnya untuk dapur dan kamar bayi dan anak memerlukan level kebersihan yang lebih tinggi dibanding ruangan lain. Jadi jangan paksa semua ruang harus sama bersihnya.
  4. Relaks dengan standar kebersihan untuk ruangan yg jarang digunakan. Juga untuk kamar remaja.. hehe tampaknya orang tua harus membuat perjanjian tersendiri dengan mereka terkait standar kebersihan minimal yang harus mereka laksanakan.
Ok.. sementara itu dulu.. soalnya anak-anak udah ribut mau bersih-bersih sebelum tidur.



0 comments:

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More