Minggu, 20 Mei 2007

NM#8: Membuat Petis Udang

Setiap Sabtu aku selalu belanja besar untuk keperluan beberapa hari. Kemarin aku gak ke pasar, hanya ke warung dekat rumah dan beli ayam, daging, ikan kembung, ikan asap, dan udang. Ada sih teri basah dan bandeng, tapi aku kok ya gak pingin.

Pulang langsung acara bersih-bersih ayam, ikan, udang dan daging. Sebagian ayam diungkep, sebagian di godok sebentar menghilangkan obat yang biasa disuntik ke ayam. Air godokan dibuang. Ikan dilumuri jeruk nipis dan garam kemudian dicuci lagi dengan air hangat. Udang diblansir sebentar dengan air panas. Kemudian semuanya di masukkan ke lock n lock freezer.

Nah yang jadi masalah kan limbah udangnya tuh... kalo langsung dibuang - baunya gak nahan. Dan akhirnya aku buat aja petis udang.  Ampas sisanya bener-bener gak bau lagi deh dan emang tinggal dikit. Sambal petisnya... lumayan enak kok walaupun bumbunya asal cemplung aja gak pake takaran. Sambal petisku dimasukkan ke botol selai, terus aku masukin ke kulkas. Tinggal pake deh.

Resep petis udang ini saya dapat dari mama dengan memanfaatkan kepala udang dan kulit udang yang biasanya terbuang. Dulu kalau memasak udang, supaya limbahnya tidak bau, saya merebus kepala udang dan kulitnya untuk mendapatkan kaldu udang. Ternyata limbah udang tersebut bisa juga dimanfaatkan menjadi sambal petis udang yang lezat. Jadi limbahnya hanya ampas sisa yang sudah tidak bau lagi. Dan tidak ada komplain deh dari tetangga soal bau sampah udang. Ini lho resepnya.

Petis Udang

Bahan :
Kepala udang, kulit udang, kunyit, jahe, sereh, cabe, bawang merah, bawang putih, garam, penyedap (jika suka), dan daun kunyit (ini yang bikin wangi dan sedap)

Cara membuat :
Cuci bersih kepala dan kulit udang. Lalu blender kepala udang dan kulit udang dengan air sedikit sampai halus. Kemudian disaring. Ampasnya diberi air lagi sedikit, peras lagi, terus diulang sampai air perasan jernih (mirip kalau kita memeras santan). Sisihkan.
Haluskan kunyit, jahe, sereh, cabe, bawang merah, bawang putih, garam dan penyedap. Sementara daun kunyit dirajang halus. Tumis bumbu halus dan daun kunyit sampai harum, tambahkan air perasan udang tadi, masak sampai kental.
Simpan dalam botol bekas selai yg sudah disterilkan.

Catatan: bumbu secukupnya sesuai limbah udang yang ada.



4 comments:

Anonymous mengatakan...

bagi-bagi lagi donk resep-resep masakannya terlebih tentang pemanfaatan limbah-limbah dari masakan. thanks

Anonymous mengatakan...

iya nih mb,kemaren2 sih cuma digodok aja biar g bau,aernya ya macem2 buat kaldu sayur...tapi suer g tau klo bs d buat petis, mana aq doyan banget yg namanya petis...ukuran masing2 bumbu berapa2 tuh mb?kasi tau dong Makasi ya mb

hestimaharani mengatakan...

Mbak, mana ukuran bumbunya. Secukupnya aja ato ada patokan. Lagi pengen banget makan rujak cingur tapi lagi di LN nih...ada gak gantinya daun kunyit ??? karena disini susah nyarinya...

Wahidah mengatakan...

mb hesti ukurannya secukupnya.. masalahnya limbah udangnya kan gak tentu tuh dapetnya.. trus daun kunyit.. ehm.. kalo di LN ganti apa ya yg wangi? coba diskip atau kl dapet rempah yg wanginya mendekati.. coba dipakai..

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More