Rabu, 06 Juni 2018

Perawatan Kulit Ala miZu


Berawal dari tulisan di page soal kulit, akhirnya mencoba berbagi sedikit soal ritual perawatan wajah yang biasa saya lakukan sehari-hari. Sebetulnya apa yang saya lakukan terhadap kulit saya sama saja dengan wanita pada umumnya yaitu membersihkan, menutrisi, melembabkan, eksfoliasi dan perawatan mingguan. 

1. Cleansing
Kebetulan saya jarang menggunakan riasan, tetapi jika sedang pakai BB cream atau cushion saya mulai membersihkan wajah dengan cleansing oil. Saat ini banyak tersedia cleansing oil di pasaran,  satu produk yang saya gunakan yaitu OleoGel dari pitoe botanical, pembersih berbasis minyak berbentuk gel yang saat diaplikasikan akan berubah menjadi milk yang sangat lembut tanpa rasa berminyak tertinggal di wajah. Kemudian dilanjutkan dengan cleansing milk dan cuci muka dengan facial wash.
Jika tidak menggunakan riasan, bisa oleogel dan face wash atau cleansing milk dan face wash.
Pembersihan lengkap biasanya saya lakukan malam hari, sedangkan pagi hari cukup oleogel atau cleansing milk dan face wash.

OleoGel

http://pitoenatural.com/
http://pitoenatural.com/
https://www.instagram.com/kefirmaskerbogor/

Cleansing Oil


Cleansing Milk
 Facial Wash


2. Gunakan Toner
Nah bagian ini agak spesial, pilih toner yang ringan, watery, non alkohol. Toner bisa digunakan hanya sekali kemudian lanjut step berikutnya atau bisa digunakan 3 kali, 5 kali bahkan 7 kali terus bisa langsung pakai tabir surya.
Kok banyak bener lapisannya? iya, untuk menghidrasi kulit dengan tetap melihat jenis dan kondisi kulit kita. Saya sendiri kadang cuma pakai sekali atau pakai 3 bahkan 7 sesuai waktu dan kondisi kulit saya apakah sedang sangat kering atau tidak.

Cara penggunaanya : yang pertama kali gunakan dengan kapas yang ditepuk lembut ke wajah. lapis selanjutnya tunggu sampai meresap dan gunakan telapak tangan untuk aplikasi ke wajah, tepuk-tepuk lembut pelan berirama sampai terasa toner meresap baru lanjut ke layer berikutnya.
Jika sedang terburu2 atau tidak cukup waktu, saran saya lakukan sekali saja atau 3 kali paling banyak karena butuh waktu untuk membuat toner meresap sempurna setiap layernya.

 Toner

 

https://www.instagram.com/anahattaid/


3. Essence
Essence sedikit lebih kental dari toner dan merupakan gabungan antara toner dan serum dan berfungsi untuk menghidrasi kulit. Saat ini saya menggunakan essence dari face shop yang mengandung ginseng.
 Essence
 



4. Serum/Ampoule
Serum mengandung konsentrat essence yang berfungsi sebagai booster dengan target khusus untuk masalah kulit. Sedangkan Ampoule biasanya dibuat lebih kuat untuk membantu menyamarkan noda hitam, mengurangi keriput, menghaluskan kulit, mengencangkan kulit dan membuat wajah lebih merona. Saat ini menggunakan serum dari rRadiant setelah sebelumnya dari Bunga Skin Care, diseling dengan serum dari face shop untuk malam hari.

Ampoule
 Serum








5. Moisturizer/Emulsion
Gunakan moisturizer lotion/cream/gel/emulsion (light moisturizer untuk kulit berminyak kombinasi) untuk mengunci kelembaban yang telah menyerap. Untuk pagi hari, jika moisturiser tidak mengandung tabir surya, jangan lupa menggunakan tabir surya lagi. Untuk malam hari gunakan night cream.

Moisturizer 







 Emulsion

 

 

Sunblock
Night Cream



Perawatan mingguan

1. Eksfoliasi
Gunakan scrub alami dan fokus hanya pada bagian yang butuh perhatian khusus seperti T-zone dan sekitar hidung. Saya melakukannya hanya sekali seminggu menggunakan sedikit baking soda yang dicampur face wash. Scrubbing paling banyak dilakukan seminggu 2 kali.


Scrub/Peeling





2. Masker
Gunakan masker paling tidak seminggu 2 kali. Bentuk masker bermacam-macam, bisa dipilih sesuai kondisi kulit. Saya punya persediaan mask sheet , masker bubuk dan sleeping mask yang digunakan bergantian tergantung kebutuhan.

Masker



Overnight Mask


 
Nah ini overnight mask yang saya buat sendiri, digunakan setelah night cream paling banyak 2 kali seminggu.


3. Perawatan Mata
Dari sekian perawatan harian seharusnya ada satu step penting yaitu perawatan mata, tetapi dari pengalaman entah kenapa selalu terlupa soal ini, jadilah perawatan mata kadang masuk di perawatan mingguan saat sebelum maskeran.




4. Perawatan Bibir
Sedangkan perawatan bibir saya lakukan bersamaan dengan pemakaian overnight mask. Jadi mukanya pakai masker, bibirnya pakai masker bibir sampai pagi. Tetapi sebelumnya discrub dulu dengan curculip.
Scrub Bibir


Masker Bibir

Lip Care Harian



Nah kira-kira begitulah rutinitas perawatan kulit yang saya lakukan, tidak semua dilakukan rutin tiap hari, adakalanya saya menyingkat stepnya, adakalanya pun terlupa atau malas melanda. hehe.. namanya juga manusia, yang penting sudah usaha. ya gak sih.. mariiii


-Wahidah miZu-



0 comments:

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More