Jumat, 10 Juni 2011

Membuat Watermark Foto dengan Photoscape

Sebenernya udah bikin soal ini beberapa kali.. tapi gak aku masukin blog.. cuma di word aja trus diemail kepada yang membutuhkan yaitu temen-temen beberapa milis dan group.  Ternyata masih banyak yang belum tahu soal program gampang ini. Photoscape.. program untuk mengolah foto (dalam hal ini untuk buat watermark) yang gratis dan mudah penggunannya. Untuk mengunduh programnya silahkan di sini. Dan berikut tahapan dalam gambar.. moga ngerti yaa..

Selesai diinstall, jalankan programnya. Klik 2 kali shortcut photoscape.


Selanjutnya masuk ke halaman berikut.. pilih editor

akan masuk ke halaman utama berikut.. perhatikan pilihan yang tersedia. Buka gambar yang akan diolah.


Selanjutnya pilih tab object.. akan muncul pilihan untuk membuat watermark.


Jika ingin memberi watermark berupa logo usaha pilih photo.. dan masukkan foto logo yg kita inginkan dan setel opacity-nya.. mau jelas atau samar-samar.


Jika belum punya logo tapi ingin memberi watermark nama kita sebagai pembuat.. ada 2 pilihan teks, Text atau Rich Edit. Jika memilih Text.. akan muncul seperti dibawah ini.. jenis huruf tidak bisa berbeda.. satu kata/kalimat jenis hurufnya sama, ukurannya sama. Tetapi bisa disetel opacitynya, bisa ditambah outline atau ditambah shadow. dan bisa dirubah arahnya.


Jika memilih Rich Edit, kelebihannya satu kata bisa disetel hurufnya berbeda-beda.. cuma tidak bisa tambah outline atau shadow dan opacity. Ini bisa jadi nama kreasi kita atau nama blog kita.


Hasil akhirnya nih.. yg tanpa logo ya.. hanya tulisan sebagai watermark



Selain membuat watermark.. photoscape juga bisa memperbaiki foto secara sederhana. Bisa meresize, crop, menghilangkan red-eye, membuat tampilan hitam putih atau sepia, membuat filter: film effect, vignette, antique photo, out of focus, blur, dll. Bahkan yg suka iseng.. hehe bisa nambahin efek macem-macem di menu object-photo.. tinggal pilih aja mau kasih tambahan apa, cartoon, face, make up, atau yg lain. Silahkan coba-coba.. karena mudah.. pasti cepet bisa deh.. Hasilnya juga lumayannnn... buat orang gaptek kaya saya.. hihi.

Selamat mencoba.





1 comments:

Rahma Yunita mengatakan...

MAKASIH...SAIA JUGA GAPTEK..JADI NGERTI DEH

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More