Sabtu, 16 April 2011

Review Produk: Menstrual Pad

Bulan ini akhirnya bisa beralih sepenuhnya menggunakan menspad (washable). Merek yg aku gunakan Zigiezag, Cluebebe, GG, Baby Oz dan Green Nappy. Secara umum menggunakan menspad ini nyaman. Rasanya sama saja seperti menggunakan CD, mungkin karena bahannya. Gak ada lagi keluhan perih, panas, dan gatal seperti saat penggunaan disposable, bahkan yg mengklaim bahannya aman sekalipun.

Sempat sih ragu saat heavy flow.. ternyata aman dan dipermukaan terlihat sedikit padahal ternyata setelah dicuci ketahuan penuh sekali. Awalnya pun berpikir mencucinya pasti susah.. ternyata gak tuh.. cukup disemprot sampai darahnya keluar, pakai sabun mandi batangan untuk menghilangkan noda, kucek dikit sudah hilang, setelah itu bolehlah direndam dengan detergent yg bebas pemutih, pelembut dan enzim 1/2 takaran aja dari yg disarankan tp jangan lama-lama, kucek, bilas sampai gak ada busa lagi, keringkan deh. Boleh juga dicuci dan dikeringkan dengan mesin cuci, trus jemur deh. Jangan diseterika yah. Hindari juga disikat... dan saya sendiri lebih suka pakai sabun mandi dan sabun cair, soalnya kalo pake detergent, hmm... jadi rada kasar gitu deh..

Kalau per merek sebagai berikut :

- Green Nappy -

enak dikulit, karena bamboo fiber itu kayaknya..
kebetulan pas pake ini lagi heavy flow jadi insert tambahannya juga dipasang.. pake sekitar 4 jam sampe pulang ke rumah..
dari atas mah gak kelihatan kalo banyak.. begitu dicuci.. hiyaaaa.. ternyata penuh euy..
cuma karena pake PUL jadinya gak tembus sama sekali
yg enak.. ukurannya panjang.. 33 cm.. bisa buat malam dan saat heavy flow, cuma karena ada back opening.. sedikit harus hati-hati.. kalo kebuka bisa bleber deh..

Nah, yang tricky dari green nappy ini, karena bahannya dari bamboo, jadi mudah berubah warna dan nodanya lebih sulit hilang. Tapi gak mengganggu performanya dan juga lebih adem dari ke-4 merek lainnya.

- Baby-oz -


Baby oz yang aku punya untuk daytime, jadi ukurannya standar sekitar 22cm. Kebetulan aku pakai di hari ke-4 mulai jam 1 sampai sekitar jam 6.. modelnya ada back opening dan insert tambahan juga dipake.. hehe salahku sendiri makenya kelamaan, pas sampai rumah baru ketahuan ternyata bleber saudara-saudara.. tp gak sampai tembus ke pants luar sih..

Jadi menurutku.. hindari pemakaian baby oz ini disaat heavy flow. Walaupun bisa menambah insert tapi kalau hanya menambah 1-2 lembar saja masih kurang. Terus back openingnya memungkinkan rembes kalau lagi banyak.

- Cluebebe -

 Cluebebe night : oke banget dipake pas heavy flow malam hari.. aku pake dari jam 6 sore sampai jam 2 malem.. sebenernya sih nggak tembus.. tapi aku prefer ganti karena udah lama..
senengnya sama cluebebe karena lembut permukaannya (walau masih dibawah green nappy yah).. cuma untuk yg night.. hehe.. gak seneng sama ujung depannya.. kecil.. jd ganjel rasanya.. gak fit sama aku.. belakangnya sih enak.. lebarrr.. gak khawatir tembus belakang.

Cluebebe daytime, medium dan panty juga sama performanya... nyaman serasa gak pake.. hehe.. Walau outernya gak rapi gitu ya.. It's ok.. gak mengganggu performanya kok.

- GG -


Permukaan lembut tapi masih dibawah cluebebe yah.. (ini pendapat temen-temenku yang membandingkan). Untuk yang daytime ukurannya lumayan .. dibanding sama zigiezag.. trus dipake dari jam 6 pagi sampai jam 1 siang (hihi gak kurang lama yah) beneran gak tembus.. sebenernya udah 2 kali mau ganti.. tp berhubung dilihat kayaknya masih nampung.. lanjut lah.. (parah kali)

Untuk yang night: angkat jempol deh.. oke banget buat aku, ujung depannya lebih lebar dari cluebebe jadi cocok buatku. Daya serapnya juga maxi.. kali ini aku hantam semalaman gak pake ganti dan amaannn..


- Zigiezag -

 ZZ mens pad ini bahan luarnya dari katun yang dilapisi bahan yang tidak tembus air. sedangkan innernya dari kain suede yang tetap kering dan mudah dicuci. kelembutan kain suedenya  masih dibawah 4 merek sebelumnya. Tapi jangan dipake kelamaan yah.. rada gak nyaman dibanding yang lain yang pakai microfleece atau bamboo.

Zigiezag Night : aku pake dari jam 2 sampai jam 6 pagi.. gak tembus.. permukaannya emang gak selembut cluebebe dan outernya dari katun yang kadang bikin orang mikir bakal tembus.. trus ukurannya juga gak selebar cluebebe dan GG.. tapi performanya bagus.. ternyata gak tembus tuh.. dan juga sama mudahnya untuk dicuci.

Kesimpulannya:
pake menspad enak, nyaman, gak bikin sampah pembalut baik dirumah atau dikantor ^_^  praktis pula deh.. kalo lagi dikantor.. masukin aja ke wetbag ntar dirumah baru deh dicuci. Nyucinya juga gampang, boleh pake mesin cuci, asal jangan diseterika. hehe.. soalnya ntar mengurangi performanya.

Nah untuk pemakaian selama 2 tahun ini, sebenernya aku cukup punya 5 menspad night, 5 menspad day dan 5 pantyliner (ini kalo gak pake sistem cuci kering pakai ya). Saat ini aku punya 4 menspad night, 1 menspad medium, 5 menspad day, 6 pantyliner, cukup untuk pemakaian 2 tahun dan menghemat cukup banyak untuk pengeluaran pembalut disposable selama 2 tahun..

Gimana? Go green yuk.. kalo bayi kita udah pake clodi dan baik untuk mereka, kenapa ibunya gak pake washable menspad yang juga baik buat kesehatan kita? hehe.. sebut aku kuno.. tapi aku cuma berusaha menjaga kesehatan organ reproduksiku.. mau ikutan? Yuukk..



0 comments:

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More