Senin, 02 Februari 2009

KBM-Dsh #3 : Chicken Nugget

Saat tantangan ke-3 diluncurkan, jujur seneng banget karena semua bahan sudah siap. Saya sebenarnya punya resep sendiri yang biasa saya buat. Tapi tak ada salahnya mencoba resep baru.


Seperti tantangan pempek sebelumnya, resep ini juga saya modifikasi. Satu ekor ayam setelah saya ambil dagingnya hanya menghasilkan kurang lebih 7 ons fillet. Bumbu tetap sama, bawang putih, lada dan sedikit garam karena saya menambah parutan keju di adonannya sisa pesanan amris serta susu bubuk. Selain maizena seperti dalam resep, saya juga menambahkan sedikit putih telur, tujuannya untuk mengikat adonan supaya gak ambyar.



Nah, kalau resep ini aslinya gak dikukus, adonan setelah dimasukkan loyang, saya kukus dulu sebentar. Jadi predust flour di resep asli saya skip. Setelah matang dan didinginkan, saya cetak dengan cookie cutter tinggi. Celupkan di batter mix, gulingkan di bread crumb kasar. Susun di wadah, masukkan kulkas supaya tepung rotinya nempel dengan baik. Nah bila akan dikonsumsi, tinggal goreng deh.


Rasanya ... yummy banget dan sehat tentu saja. Soalnya selain daging ayam, ada keju juga susu. Kebayang kan rasanya...Tadinya kalau ada sayuran semisal wortel mau saya tambahin parutan wortel (kebetulan stoknya lagi gak ada). Ini bisa jadi penganan yang komplet apalagi buat anak-anak yang rada susah makan sayur.




Yuk disantap .... nyam...nyam...

Eh iya, ini resepnya (yang tulisan merah versi aku yaa...) :

Chicken Nugget
modified by Wahidah

Bahan :
780 gr ayam fillet tanpa kulit ( 1 ekor ayam ambil dagingnya, punyaku gak sampe 7 ons)
45 gr kulit ayam, giling halus ( seadanya kulit ayam, gak pake ditimbang)
100 gr es batu ( seadanya es batu)
40 gr tepung maizena (sama 40 gr juga)
50 gr keju parut
1 sdm susu bubuk
1 butir putih telur, kocok sebentar dengan garpu
Tepung roti (bread crumbs kasar yang warnanya kuning, ntar hasil akhirnya kayak nugget beli deh.)

Bumbu halus :
15 gr bawang putih (4 siung bawang putih)
1,5 gr merica bubuk ( 1/4 sdt merica butiran, lagi kehabisan yg bubuk)
14 gr gula pasir ( 1 sdm peres gula pasir)
15 gr garam (aku kurangin karena udah pake keju jadi 2 sdt garam)

Predust flour : (aku gak pake)
100 gr tepung terigu protein tinggi
45 gr tepung maizena

Batter mix : (sama, lain kali harus dikurangi. coz kebanyakan)
100 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
1 butir telur
250 ml air dingin
4 gr merica bubuk
10 gr garam
1 gr soda kue

Cara membuat :
Versi asli :
Masukkan kulit ayam, daging ayam, sebagian es dan garam ke dalam food processor. Aduk dengan kecepatan tinggi sampai halus. Masukkan sebagian es lagi, tepung dan bumbu lainnya, aduk sampai kalis dan tercampur rata, matikan, angkat adonan dan masukkan dalam wadah. Cetak nugget sesuai selera. Gulingkan adonan yang sudah dicetak ke dalam predust flour, langsung masukkan ke dalam batter mix. Gulingkan di atas tepung roti sampai rata. Panaskan minyak. goreng nugget sampai mengapung, angkat. Apabila hendak disimpan di kulkas, dinginkan nugget lalu masukkan dalam plastik kemasan. Bila akan dikonsumsi, cukup digoreng ulang sebentar dan sajikan dengan saus sambal dan saus tomat.

Versi saya :
1. Haluskan daging ayam, kulit ayam, es dan garam dalam chopper (blender untuk daging). Sisihkan.
2. Haluskan pula bumbunya.
3. Dalam wadah, campur ayam cincang, bumbu halus, keju parut dan es, aduk rata. Masukkan tepung maizena dan putih telur sambil diaduk sampai kalis dan tercampur rata. Masukkan dalam loyang, kukus sampai matang. Angkat, dinginkan.
4. Setelah dingin, cetak nugget sesuai selera dengan cookie cutter yang tinggi. Atau potong-potong sebesar ibu jari.
5. Celupkan potongan nugget ke adonan batter mix, gulingkan ke bread crumbs. Tata nugget dalam wadah tertutup, simpan dalam kulkas agar tepung roti menempel dengan baik paling tidak 1/2 jam.
6. Bila akan dikonsumsi, goreng nugget dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Angkat, sajikan.

Cara membuat batter mix :
Campur semua bahan kering, aduk rata. Tambahkan setengah bagian air dingin, kocok pelan menggunakan mixer (saya menggunakan whisker saja, udah malam, terlalu berisik kalo pake mixer). Tambahkan lagi sisa air dingin, aduk dan kocok sampai rata dan adonan menjadi kental (punya saya tidak terlalu kental, mungkin karena tidak pakai mixer). Simpan adonan pencelup ini di lemari es sampai saat digunakan.

Catatan : untuk ukuran sendok baik sendok makan atau sendok teh, gunakan sendok ukuran yah... jangan pake sendok biasa... ntar ukurannya gak passs. Oke...



0 comments:

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More