Kamis, 11 Desember 2008

Resep: Cooked Fondant Icing

Jauh sebelum ikutan kursus fondant, aku pernah membuat adonan fondant sendiri. Secara pernah mendengar bahwa plastic icing alias fondant kebanyakan pakai gelatin yang masih diragukan kehalalannya. Hasilnya bagus, lentur cuma muanisss. Karena saat menguleni aku menabur meja dengan gula icing seperti saran dalam kemasan. Setelah kursuslah aku baru tahu bahwa maizena juga bisa digunakan supaya fondant tidak menjadi terlalu manis.

Ada beberapa resep yang aku dapat, tapi pilihan jatuh pada resep yang tidak menggunakan gelatin dan bahannya mudah walaupun harus melalui proses pemasakan. Berikut resepnya :

Cooked Fondant Icing
(Sumbernya lupa... maaf)

Fondant ini adalah jenis yg dimasak dimana diperlukan kehati-hatian saat memasak sirup gulanya. Semakin lama diuleni, semakin putih dan lembut adonannya. Jika digunakan utk menutupi sponge cake maka akan menghasilkan permukaan yg halus spt satin. Dapat juga dibentuk menjadi dekorasi-dekorasi kecil.

Bahan :
60 gr mentega putih
30 ml air jeruk lemon
30 ml air
750 gr icing sugar, ayak

Cara membuat :
Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk - mentega putih, air jeruk lemon, dan air - sampai mentega meleleh.
Tambahkan 250 gr icing sugar, aduk terus sampai gula larut. Didihkan dengan api kecil, angkat.
Tambahkan lagi gula sedikit demi sedikit sampai membentuk pasta lembut sambil diaduk rata setiap kali penambahan gula.
Taburi meja dengan gula bubuk tipis-tipis. Uleni adonan sampai lembut, tidak lengket ditangan dan silky. Tambahkan lagi gula bila diperlukan.

Untuk 875 gr fondant icing.



1 comments:

mirfat syamlan mengatakan...

Halo Mbak wahidah salam kenal
Pengen tanya nih ... Resep yang diatas nih maizenanya kok gak ada di resep, trus apakah setelah dibuat bentuk hiasan akan meleleh seperti fondant pada umumnya?

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More