Senin, 18 Agustus 2008

Menghias Tumpeng

Tahun ini tanpa direncanakan ummi terlibat dalam lomba Tumpeng antar RT di lingkungan rumah. Awalnya ummi datang sekitar jam 9 pagi ke rumah Tante Dini hanya untuk membantu memasak atau membungkus makanan yang akan dibagikan di malam puncak kegiatan 17 Agustus. Tapi ternyata ummi mendapat tugas lain : menghias tumpeng untuk lomba jam 5 sore.

Kaget juga secara tidak pernah punya pengalaman menghias tumpeng. Tanya tante Dini, mo dihias bagaimana ? Tante kasih tunjuk modelnya dari sebuah buku sedap yang kondisinya sudah porak poranda alias tercerai berai halamannya. Ummi bawa bahan-bahannya pulang. Minta tolong abi yang baru ajaa nyampe abis jemput Zahrul klub taekwondo di sekolah untuk beli styrofoam, timun Jepang dan janur di pasar. Larilah (eh pake motor ding) si Abi ke pasar.

Sambil nunggu abi, ummi mulai mempersiapkan hiasan pinggir tampahnya. Potong-potong dulu si daun pisang ukuran 5x15 cm sampai kira-kira jumlahnya cukup untuk sekeliling tampah. Mulai membentuk satu per satu segitiga dari daun pisang, staples biar kuat.

Si abi dateng bawa perlengkapan yang dipesan.Ukur styrofoam dan cutter berbentuk bulat seukuran tampah. Pinggiran gabus dilapis dengan daun pisang dan atasnya juga dilapis daun pisang. Mulai persiapkan janurnya, potong-potong bentuk juga segitiga terus dimasukkan ke segitiga daun pisang yang udah dibuat duluan. Bentuk juga janur dengan dijalin untuk pagarnya.

Sekitar jam 2 ummi mempersiapkan piranti mejanya seperti gelas, piring, sendok garpu dan serbet yang diberi hiasan pita merah putih dan kertas merah serta membuat bendera dari pita.. Selesai itu mulai menata tumpeng dan lauk pauknya. Tante Dini membuat pohon kelapa dari wortel, Nenek Nona membuat mawar dari lobak, ummi cuma men-carving telur dan timun Jepang dan membantu menyusun lauk pauknya.

Jam 5 tumpengnya selesai. Capek juga tapi puas lihat hasilnya.



Tumpeng semua RT dan Jurinya



0 comments:

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More