Minggu, 03 Juni 2007

NM#9: Menyetok Bahan Makanan Di Freezer (Freezing Tips)


Tulisan ini masih berhubungan dengan tulisan Memasak Seminggu Sekali. Menyimpan bahan makanan di kulkas/freezer susah-susah gampang, tapi jika petunjuk umum di bawah diikuti, mudah-mudahan tidak ada lagi makanan yang kadaluwarsa karena kita lupa dan bahan makanan yang rusak sebelum dipakai.

1. KEMASAN
Udara freezer sangat kering sehingga mengganggu kelembapan makanan yang sedang dibekukan. Karena itulah kemasan sangat penting kalau kita tak mau makanan dingin jadi keras sehabis disimpan dalam freezer
Kemasan paling baik adalah yang betul – betul rapat dari kedap udara. Kini di pasaran ada dijual wadah – wadah dari plastik yang khusus untuk menyimpan bahan makanan di dalam freezer. Anda juga dapat menyimpan makanan di dalam plastik. Tetapi gunakan plastik yang tahan dingin. Lebih baik lagi kalau plastiknya memiliki penutup yang terkunci. Jangan lupa pada tiap kemasan, selain diberi catatan benda yang ada di dalamnya, juga tercantum tanggal penyimpanan. Hal ini penting untuk menentukan kadaluwarsa bahan yang kita bekukan.

2. PORSI BAHAN PANGAN
Ada baiknya bahan yang kita bekukan, disimpan sudah sesuai kebutuhan. Misalnya : daging, kalau setiap masak hanya membutuhkan 500 gr, jangan bekukan 1 kilogram daging sekaligus. Karena daging beku yang sudah dicairkan, kurang baik kalau dibekukan lagi. Begitu juga dengan makanan lain. Satu kemasan sebaiknya berisi makanan dalam porsi sekali pakai.
Untuk pembekuan masakan atau bahan pangan yang cair, sebaiknya tidak sampai memenuhi wadahnya, karena setelah dibekukan, jumlah bahan cair biasanya bertambah. Usahakan wadah hanya diisi ½ tinggi wadah.
Cara penyimpanan makanan dalam freezer sebaiknya sesuai urutan penyimpanan. Makanan yang baru dimasukkan, harus diletakkan di bawah yang sudah dimasukan kemarin – kemarin. Dengan begitu kita akan selalu mengambil yang lebih dahulu dimasukkan.

3. BUMBU DEDAUNAN
Salam, daun jeruk, daun kunyit dan daun mangkokan, paling mudah layu. Kalau sudah layu memang bisa kita pakai. Tetapi keharumannya sudah tidak sempurna. Nah, bagaimana cara membekukannya? Masukkan dalam wadah pembuatan es batu. Daun yang lebar bisa di bagi beberapa potong. Isi dengan air, biarkan membeku. Setelah beku, keluarkan dan simpan dalam plastik. Saat digunakan, es bisa dicairkan hingga daunnya bisa di ambil.
Selain bumbu dedaunan, air jeruk lemon, saus tomat dan sisa kaldu juga bisa dibekukan dalam wadah es batu. Hingga kita tinggal mengambil beberapa kotak es batu sesuai yang diperlukan.

4. APA SAJA YANG BISA DIBEKUKAN ?
Sayur bisa dibekukan kalau direbus dulu 1 sampai 2 menit dalam air mendidih. Angkat, tiriskan lalu rendam dalam air dingin, tiriskan lagi. Selanjutnya anda tinggal memasukkannya dalam wadah yang tepat dan membubuhi label.
Buah yang disimpan hanyalah buah yang telah dihancurkan, bukan buah segar. Baik sayur maupun buah bisa bertahan sampai 6 bulan.
Keju bisa bertahan sampai 1 bulan. Mentega dan margarine bisa bertahan sampai 5 bulan.
Daging sebaiknya disimpan dalam potongan. Daya tahan daging sapi antara 4-6 bulan. Daging sapi giling hanya bertahan 1 bulan, sementara ayam bisa bertahan 6 bulan.
Seafood bervariasi : ikan yang berminyak seperti salmon, tuna, makarel, bisa bertahan sampai 3 bulan. Tetapi ikan yang lain bisa sampai 6 bulan. Udang dan ikan asap bisa sampai 3 bulan.
Cake dan roti sebaiknya tidak ditaruh di lemari pendingin, tetapi dalam freezer. Untuk cake, simpan sebelum diberi filling atau toping. Kecuali kalau memang sudah dibeli dalam keadaan sudah terisi atau terhias. Cake dan roti bisa bertahan sampai 1 – 3 bulan.

5. YANG TIDAK DISARANKAN DIBEKUKAN
Krim, sayur dalam bentuk daun hijau, kentang, tomat, labu, letucce, ketimun, hidangan penutup dari gelatin ( misalnya mousse atau soufflé ), apel, pir, melon, atau nanas jangan disimpan dalam freezer, keju cottage juga sebaiknya tidak di simpan dalam freezer.

6. PENCAIRAN
Makanan beku yang ditaruh ditemperatur ruang lewat 1 jam akan mengundang tumbuhnya bakteri. Jadi, pencairan yang baik, dimasukkan dalam microwave atau disimpan dalam lemari pendingin sehari sebelumnya. Kecuali untuk cake dan roti. Keduanya bisa langsung dibiarkan dalam temperature ruang.

Note :
Sebagai tambahan, silahkan download Quick_Easy_Freezer.pdf di Berbagi File.



0 comments:

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More