Sabtu, 19 Mei 2007

NM#5: Aneka Bumbu Inti

Resep bumbu inti ini entah saya dapatkan di mana karena hanya berdasarkan catatan kecil saja. Bumbu ini sudah saya gunakan sejak sebelum menikah karena saya cocok dengan rasanya, dan kebetulan tidak terlalu banyak seperti bumbu dasarnya Rudi. Saya lebih suka dengan resep ini, selain sudah saya pakai selama bertahun-tahun, rasanya juga enak. Tinggal tambah bumbu lain, selesai deh masakan saya. Saya bisa bawa makan siang ke kantor setiap hari. Hemat waktu, hemat uang, bergizi lagi.

Bumbu Inti Merah

gambar dari sister.imsa.us

Bumbu ini bisa digunakan untuk sambal goreng santan, gulai, empal basah, pecel lele, nasi goreng dan lain-lain. Gunakan dengan menambah bumbu lain misal daun salam, daun jeruk dan santan.
Bahan :
20 buah cabai merah
15 butir bawang merah
7 siung bawang putih
2 buah tomat sayur
1 sdt garam
Cara membuat :
Haluskan semua bahan, tumis dengan 6 sdm minyak goreng sampai matang. Angkat, dinginkan. Masukkan dalam botol selai, tutup rapat. Simpan dalam lemari es.

Bumbu Inti Kuning

gambar dari sister.imsa.us
 Bumbu ini untuk sup asam pedas udang, ayam panggang bumbu kemiri, pesmol ikan, sayur lodeh, dan acar masak kuning. Tambah saja dengan daun salam, daun jeruk, atau sereh dan bahan tambahan lain.
Bahan :
20 butir kemiri
3 cm kunyit
20 butir bawang merah
12 siung bawang putih
1 sdt merica bulat
Cara membuat :
1. Haluskan semua bahan dan 1 sdt garam, tumis sampai beraroma. Dinginkan, masukkan dalam botol selai, simpan di lemari es.
2. Atau sangrai semua bahan sampai kecoklatan. Haluskan bersama 1 sdt garam. Masukkan dalam botol selai, simpan di lemari es.

Ayo dicoba.. menghemat waktu lho.



3 comments:

Alyah Z.I.E. mengatakan...

Salam kenal mbak..
sy minta izin ngopi resep bumbunya ya.. nuhun

Wahidah mengatakan...

silahkan mba...

silviaika mengatakan...

siip bgt
masak apa ja tambah gampang klo ada bumbu inti
thanks yach

Posting Komentar

Share & Enjoy

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More